Ana Andriyati, NIM. 1323305083 (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI MA’ARIF NU 01 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARAKABUPATEN PUBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.
Text
Ana Andriyati__Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Ma’arif NU 01 Karanggamb.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan akhir dari proses belajar mengajar yang digunakan sebagai alat untuk mengukur hasil belajar siswa serta untuk mencapai tujuan pembelajaran. Suatu pembelajaran dapat diketahui berhasil atau tidaknya melalui kegiatan evaluasi. Terlebih dalam pembelajaran IPS di mana ketiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik dapat di nilai. Skripsi ini mengkaji tentang evaluasi pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan data, tahap penafsiran data dan tahap pelaporan pada kelas IV, V dan VI. Dalam penelitian ini bertujuan mendefinisikan dan menganalisis proses evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas yang dilakukan guru kelas IV, V dan VI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan prosedur evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa gambaran umum proses evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas. Dalam proses evaluasi pembelajaran di MI Ma’arif NU 01 Karanggambas terdapat beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan, tahap penafsiran dan tahap pelaporan. Tahap perencanaan evaluasi pembelajaran IPS, guru menentukan tujuan, mendefinisikan kompetensi dan menyusun kisi-kisi. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan perencanaan seperti tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semster. Pengolahan data diambil dari hasil tugas individu/ tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semster. Dari kegiatan evaluasi yang dilakukan memperoleh laporan, dari kelas IV jumlah siswa 21 anak sudah mencapai KKM, kelas V dari jumlah siswa 21 anak sudah mencapai KKM,dan kelas VI dari jumlah siswa 23 anak sudah mencapai kriterian kelulusan minimum pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran IPS, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran IPS, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 08:12 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 08:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3706 |
Actions (login required)
View Item |