PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS Zakky Mar’aty NIM. 1323302052

Zakky Mar’aty, 1323302052 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS Zakky Mar’aty NIM. 1323302052. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
ZAKKY MARATY_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik dibimbing dalam membangun pengetahuan dengan cara mengaitkan materi yang diajarkan denga nsituasi nyata peserta didik. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya, sekadar menghafal, mencatat, dan mendengarkan, akan tetapi belajara dalah proses pengalaman yang bermakna dan menyenangkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembealajaran sudah sesuai dengan komponen-komponen model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yakni : konstruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan melakukan evaluasi dengan penilaian autentik. Namun dalam pelaksanaannya guru belum menggunakan media pembelajaran yang cukup konkret yang mendukung dalam pembelajaran kontekstual. Kata Kunci: Model pembelajarancontextual teaching and learning (CTL), pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajarancontextual teaching and learning (CTL), pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:06
Last Modified: 16 Mar 2018 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item