Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Istiqomah Sambas

Intihatun Mardiyah, 1522603008 (2018) Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Istiqomah Sambas. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
INTI HATUN MARDIYAH_PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPA DI MI ISTIQOMAH SAMB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan konsep pembelajaran alam dan mempunyai hubungan yang sangat luas terkait dengan kehidupan manusia. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan perkembangan. Pendidikan IPA di Indonesia belum mencapai standar yang diinginkam, padahal untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sains penting dan menjadi tolak ukur kemajuan bangsa. Kenyataan yang terjadi, mata pelajaran IPA tidak begitu diminati dan kurang diperhatikan. Apalagi melihat kurangnya pendidik yang menerapkan konsep IPA. Pemberian pendidikan IPA bertujuan agar siswa dapat menggunakan metode ilmiah untuk menyelesaikan persoalan alam. Selain itu dalam pembelajaran IPA guru menerapkan nilai-nilai karakter yang bertujuan agar siswa mampu menyelesaikan masalah dengan baik.Di MI Istiqomah Sambas guru telah menanamkan nilai karakter melalui mata pelajaran IPA di kelas V. Guru masih kesulitan dan kebingunan dalam menanamkan salah satu nilai-nilai karakter yaitu karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Sehingga guru perlu menggunakan beberapa metode dan model dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Karenanya, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui bagaimana proses penanaman nilai karakter melalui metode dan model pembelajaran yang dilakukan guru pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini akan membahas tentang(1) Nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui mata pelajaran IPA kelas V di MI Istqomah Sambas? (2) Bagaimana metode penanaman nilai karakter melalui mata pelajaran IPA di MI Istiqomah Sambas? (3) Bagaimana model pembelajaran IPA di MI Istiqomah Sambas yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai karakter?. Untuk Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa guru telah menanamkan 18 nilai karakter meliputireligius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, peduli sosial, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingintahu, menghargaiprestasi, komunikatiif, cintadamai, gemarmembaca, pedulilingkungan, tanggungjawab, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Metode yang digunakanmeliputi, pembiasaan, keteladanan, pembiasaan disiplin, dan hadiah & hukuman. Model pembelajaran IPA berbasiskarakter di MI Istiqomah Sambasmeliputi, strategi pembelajaran inquiri, pendekatansalingtemas, pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai karakter, Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Mar 2018 08:55
Last Modified: 13 Mar 2018 08:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item