METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI POSITIF PADA SISWA BROKEN HOME DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF NU 1 CILONGOK

Tiara Anjani, 1323103015 (2018) METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI POSITIF PADA SISWA BROKEN HOME DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF NU 1 CILONGOK. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
TIARA ANJANI_METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI POSITIF PADA SISWA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya siswa yang mengalami broken home kemudian mengalami perubahan yang sangat terlihat dibanding dengan siswa yang tidak mengalami broken home, yaitu dengan menutup diri dalam pergaulan, menjaga jarak dengan lingkungan sosial (sekolah) dan lebih pemurung.Dalam hal tersebut lingkungan sekitar sangat berperan penting terutama orangtua dan guru di sekolah yang sangat dekat kehidupannya dengan remaja yang mengalami broken home. Citra diri bagi remaja berperan agar remaja dapat menyesuaikan dengan lingkungannya, agar mereka dapat diterima oleh lingkungannya. Remaja yang memiliki citra diri positif juga akan mempunyai semangat hidup dan semangat juang yang tinggi atau sebaliknya. Citra diri merupakan salah satu faktor internal yang cukup penting bagi terbentuknya pribadi yang berprestasi. Citra diri merupakan gambaran seseorang tentang dirinya sendiri. Seorang yang memiliki citra diri positif akan tampak percaya diri, aktif dan berani dalam menghadapi sesuatu atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang bagaimana metode guru bimbingan dan konseling dalam membentuk citra diri positif pada siswa broken home di Madrasah Aliyah Ma’arif NU 1 Cilongok? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala atau fenomena secara menyeluruh dan kontekstual.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling dan siswa broken home. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Sugiono yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Metode Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Citra Diri Positif Pada Siswa Broken Home Di Madrasah Aliyah Ma’arif NU 1 Cilongok diperhatikan dan dikembangkan dengan melakukan metode individual, konseling karir, konseling individu serta memotivasi dalam pendidikan untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu ada training motivasi yang diundang trainer hipnotrapi untuk mengurangi trauma healling bagisiswa yang mengalami permasalahan psikologis terutama siswa broken home.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Guru BK, Citra Diri Positif, Broken Home.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:57
Last Modified: 06 Mar 2018 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item View Item