METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU BLIMBING KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Rofiqoh, 102338002 (2018) METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU BLIMBING KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
ROFIQOH_METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Metode pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia dini memegang peranan penting pada kehidupan anak, penerapan metode pembelajaran yang baik diharapkan mampu menjadi pondasi awal dalam menanamkan nilai agama dan moral pada diri anaksebagai generasi muda yang berakhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral di RA Muslimat NU Blimbing Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Pengumpulan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memberikan kontribusi keilmuan tentang penerapan metode pembelajaran nilai agama dan moral dan dapat digunakan untuk menyempurnakan penggunaan metode pembelajaran nilai agama dan moral anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah wali kelas, kepala sekolah dan siswa-siswi RA Muslimat NU Blimbing Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih hal-hal yang pokok dari data yang telah didapatkan, kemudian disajikan dalam bentuk uraian, bagan dan sejenisnya yang selanjutnya disimpulkan agar lebih mudah dalam memahami hasil penelitian. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral di RA Muslimat NU Blimbing Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara sudah berjalan dengan baik. Metode yang diterapkan antara lain: metode bernyanyi, metode pemberian tugas, metode Tanya jawab, metode keteladanan, metode iqra, metode membaca AISM, metode ceramah, metode bercerita, metode sajak dan metode karya wisata. Metode-metode tersebut digunakan secara bergantian dan bervariasi dengan tujuan untuk menarik perhatian peserta didik agar tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Nilai Agama, Moral
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:30
Last Modified: 06 Mar 2018 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item