Ach. Musthofa Ngafifi, NIM. 102332077 (2018) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf Download (888kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Achmad Musthofa Ngafifi_Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pem.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran terdapat metode yang bermacam macam metode tersebut melihat kebutuhan dari kemampuan pendidik dan peserta didik, mufrodat merupaka kunci yang paling penting dalam pembelajaran bahasa arab, ketika siswa kurang memahami sebuah mufrodat maka akan sangat sulit memahami pelajaran tersebut, dengan adanya problem tersebut maka penggunaan salah satu metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan seperti metode bernyanyi, dengan bernyanyi diharapkan siswa tidak terbebani dalam menghafal sebuah mufrodat, selain pemilihan metode dalam pembelajaran mufrodat penggunakan metode bernyanyi tersebut persiapan guru berperan penting dalam pembelajaran tersebut, persiapan tersebut meliputi guru menyiapkan materi mufrodat yang sesuai, pertama-tama sebelum memasuki kelas guru memilih mufrodat yang tepat dalam pembelajaran tersebut kemudian guru menyampaikan materi yang akan disampaikan seperti mufrodat kegiatan disekolah atau tentang profesi, langkah selanjutnya guru menulis mufrodat pada papan tulis disertai lagu yang akan digunakan, selanjutnya siswa menulis mufrodat tersebut kemudian dibaca bersama-sama menggunakan lagu yang sudah ditentukan dan siswa diberi tugas untuk menyanyikan dan membuat secara berkelompok yang dipraktekkan di depan kelas pada pertemuan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaranmufradat di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalamperjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi,interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulismenggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan tentang pembelajaran mufradat diMTs Ma’arif NU 1 Patikraja yaitu guru menuliskan mufrodat dan membacakan mufradat menggunakan lagu yang sudah ditentukan, kemudian siswa menirukan mufradat yang dibacakan olehguru, setelah itu siswa diberi waktu untuk menghafal mufradat dengan nyanyian.Penilaian yang digunakan oleh guru bertahap yaitu dengan tes tertulis kemudian teslisan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Mufrodat, Bernyanyi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 09:32 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 09:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |