Dias Tisna Rahayu, 1323310018 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI PANAS DIKELAS II MI MAARIF NU 02 KAJONGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
DIAS TISNA RAHAYU_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIF LEARNING.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menyajikan data, dan menaganalisis secara kritis keadaan sebenarnya tentang implementasi strategi Cooperative Learning pada pembelajaran IPA Materi Energi Panas kelas II MI Ma’arif NU 02 Kajongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi Cooperative Learning yang membuat hasil belajar mata pelajaran IPA materi Energi Panas di MI Ma’arif NU 02 Kajongan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana penerapan strategi pembelajaran Cooperatif Learning dalam pembelajaran IPA Materi energi Panas kelas II MI Ma’arif NU 02 Kajongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penulis melakukan pengamatan secara langsung di lapangan, untuk memperoleh data terkait penerapan strategi Cooperative Learning. Objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Strategi Cooperative Learning Pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas di kelas II MI Maarif NU 02 Kajongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan strategi Cooperative Learning melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran IPA kelas II MI Ma’arif NU 02 Kajongan. Proses pelaksanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang ad adalam RPP, seperti media pembelajaran, materi pembelajaran, dll. Proses Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran, meliputi kegiatan awal atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberikan motivasi, memusatkan perhatian, dan apersepsi. Kegiatan inti, guru mengimplementasikan strategi Cooperative Learning melalui langkah-langkah strategi Cooperative Learning. Secara garis besar, kegiatan inti dilakukan seperti yang telah disampaikan Amirudin Hatibe. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan. Proses evaluasi dilakukan melalui kegiatan testertulis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Energi Panas, Ilmu Pengetahuan Alam, Strategi Cooperative Learning Energi Panas, Ilmu Pengetahuan Alam, Strategi Cooperative Learning |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 03:14 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 03:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
View Item |