Strategi Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenanggulangiKenakalanRemaja Di Smk N 1 KaranganyarKabupatenPurbalingga

MaulanaFahmi, 1323301057 (2017) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenanggulangiKenakalanRemaja Di Smk N 1 KaranganyarKabupatenPurbalingga. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
MAULANA FAHMI_STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak, mereka diliputi rasa keingin tahuan yang sangat tinggi sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang berlaku dimasyarakat maupun disekolah. Efek negatif globalisasi telah menjadikan remaja yang menyalahgunakan teknologi, seperti halnya, menonton televisi sampai larut malam dengan program yang menarik dan membuka situs-situs yang tidak selayaknya mereka lihat dan faktor lingkungan juga berpengaruh kepada perkembangan remaja sehingga para remaja akan cendrung melakukan kenakalan seperti merokok, tidak mengerjakan PR, tidak mengikuti pelajaran, mencontek, ramai saat sedang diajar,berkelahi dan berkata kasar kepada guru. Kondisiinilah yang perlumendapatperhatianseriusoleh guru pendidikan agama islamdalammenanggulangikenakalanremaja di SMK N 1 KaranganyarPurbalingga. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuigambaran yang jelasmengenaibagaimanastrategi yang dilakukan guru PAI dalammenanggulangikenakalansiswa di SMK N 1 KaranganyarPurbalingga.Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifanalisis.Metodepengumpulan data yang digunakananataralainwawancaraobservasidandokumentasi. Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penulislakukandengancaramengumpulkanseluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danverivikasi data. Hasildaripenelitianinimenunjukan (1) adabeberapabentukusaha yang dilakukanoleh guru PAI dalammengatasikenakalanremajayaitubekerjasamadengan guru BK, walikelasdanwalimuriddengantigalangkah, pertamatindakanpreventif, keduakuratifdanketigapembinaan. (2) adabeberapafaktor yang mendukung guru PAI tersebutdiantaranyaialahkerjasama yang baikdengan yang terjalinantara orang tuasiswadenganpara guru (pihaksekolah). Peran orang tuasangatbesarbagitercapainyausaha yang dilakukanoleh guru PAI.Sedangkanfaktor yang menghalangikelancaran guru PAI dalammengatasikenakalanremajaadalahkuranganyakesadarandarisiswauntukmematuhiperaturansekolahdankurangnyaperhatian orang tuaterhadapanaknya. Kata Kunci: startegi, guru PAI, dankenakalanremaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: startegi, guru PAI, dankenakalanremaja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:38
Last Modified: 08 Feb 2018 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item