MUSTANIRATUSSA’ADAH, 1522605018 (2017) MANAJEMEN PEMBINAAN KINERJA KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH DI LINGKUNGAN YAYASAN BADAN AMAL KESEJAHTERAAN ITTIHADUL ISLAMIYAH KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (960kB) | Preview |
|
![]() |
Text
MUSTANIRATUSSA'ADAH_MANAJEMEN PEMBINAAN KINERJA KEPALA MADRA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Manajemen pembinaan adalah suatu proses membina dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi segala sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan pendidikan. Manajemen pembinaan merupakan seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan peningkatan kinerja. Pembinaan hanyalah bagian dari siklus berkelanjutan yang bisa digunakan oleh pimpinan yayasan untuk memperbaiki kinerja pelaksana pendidikan di lembaga pendidikan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembinaan kinerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah Kabupaten Cilacap. Untuk mendalami pelaksanaan manajemen pembinaan kinerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah Kabupaten Cilacap, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pembinaan kinerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah Kabupaten Cilacap. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari tehnik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian tentang manajemen pembinaan kinerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah Kabupaten Cilacap sebagai berikut : manajemen pembinaan kinerja kepala Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah Kabupaten Cilacap dilakukan melalui empat tahapan, yaitu tahap perencanaan program, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap pengawasan atau evaluasi. Yayasan BAKII dalam pendidikan ternyata menggunakan pola desentralisasi kebijakan atau otonomi sekolah. Maka dalam hal implementasi rencana strategi setelah tersusun oleh yayasan selanjutnya untuk pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing lembaga yang berada dalam naungannya, selanjutnya yayasan mengawasi dan mengevaluasi hasilnya. Pemberian reward pada pimpinan lembaga pendidikan di lingkungan yayasan BAKII dapat meningkatkan motivasi para pimpinan lembaga pendidikan untuk menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, pembinaan, kinerja kepala madrasah. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 07:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |