Slamet Fatoni, NIM. 1423402104 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (596kB) | Preview |
|
Text
SLAMET FATONI_MANAJEMEN KURIKULUM 2013.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaaan kurikulum yang kooperatif, komperehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Manajemen kurikulum merupakan bagian integral dalam satuan lembaga pendidikan, sehingga memainkan peranan penting tercapainya tujuan pendidikan. Sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebijakan pemerintah Indonesia, MIN 1 Banyumas menjadi salah satu pilot project implementasi Kurikulum 2013 sebelum di terapkan disekolah lainnya. Terpilihnya MIN 1 Banyumas sebagai sekolah percontohan tentu bukan tanpa alasan, secara administrasi, fasilitas maupun sumber daya pendukung lainnya, MIN 1 Banyumas layak menjadi bagian dari proyek ini. Dengan penuh kesadaran tinggi jajaran manajemen sekolah menggerakkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, serta komponen sumber daya lainnya dalam rangka implementasi kurikulum 2013 dengan maksimal. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana peneliti akan mencoba mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum 2013 di MIN 1 Banyumas. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kegiatan manajerial di MIN 1 Banyumas dan dapat merumuskan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung sekaligus penghambat suksesnya implementasi kurikulum 2013 di MIN 1 Banyumas. Hasil dari penelitian ini, secara empiris akan dapat menjadi hasanah keilmuan dalam mengkontruksi paradigma kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Temuan dalam penelitian ini adalah kegiatan manjerial yang optimal merupakan kunci utama dari suksesnya implementasi kurikulum 2013 di MIN 1 Banyumas, sebagaimana teori manajemen yang dikaji pada umumnya, sekolah ini menyusun perencanaan dengan matang, membagi job discribtion dalam kegiatan pengorganisasian, mengimplementasikan kegiatan dalam proses manajerial sebelumnya dengan semaksimal mungkin, dan mengadakan evaluasi secara intens dalam setiap semester. Selain dari pada itu, tanggung jawab kepala sekolah yang besar, profesionalisme guru yang terus ditingkatkan, fasilitas sekolah yang serba berbasis teknologi modern, dan aktifitas peserta didik yang terjadwalkan dengan rapi juga merupakan kunci keberhasilan kurikulum 2013 di MIN 1 Banyumas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum 2013 |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 00:31 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 00:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3490 |
Actions (login required)
View Item |