MOTIF SISWA MELAKUKAN BULLYING TERHADAP GURU BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) WIWOROTOMO PURWOKERTO

RAVIENSKA AGUSTI ADI MARIA, NIM. 1423101036 (2018) MOTIF SISWA MELAKUKAN BULLYING TERHADAP GURU BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) WIWOROTOMO PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAVIENSKA AGUSTI ADI MARIA_MOTIF SISWA MELAKUKAN BULLYING TERHADAP GURU BARU DI SEKOLAH MENENGAH .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menjadi siswa SMA/SMK adalah masa dimana seorang siswa mencari hal-hal yang baru dan berproses menjadi apa yang mereka inginkan. Pada masa-masa tersebut siswa juga ada pada rasa ingin tahu yang tinggi dan merasa ingin diakui keberadaanya. Ada banyak kenakalan remaja yang dilakukan siswa di lingkungkan sekolah. Salah satunya adalah bullying. Selain kasus bullying yang dilakukan oleh senior ke junior ada juga ditemukan kasus dimana guru baru menjadi korban bullying. Dimana guru yang menjadi korban adalah guru yang baru pertama mereka kenal. Hal tersebut tentunya masalah yang perlu perhatian dan diteliti apa yang menjadi motif siswa melakukan bullying terhadap guru baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif utama siswa melakukan bullying terhadap guru baru, untuk mengetahui apa saja bentuk bullying yang dilakukan siswa terhadap guru baru, dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi siswa melakukan bullying terhadap guru baru. Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan motif siswa melakukan bullying terhadap guru baru di SMK Wiworotomo Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara dengan informan secara mendalam, dan dokumentasi untuk memperlihatkan realita terkait masalah bullying. Dalam metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan Motif Siswa Melakukan Bullying Terhadap Guru Baru di SMK Wiworotomo Purwokerto. Hasil penelitian yang didapatkan mengenai Motif Siswa Melakukan Bullying Terhadap Guru Baru di SMK Wiworotomo Purwokerto, bahwa pada dasarnya individu atau siswa yang melakukan bullying terhadap guru baru terbentuk karena adanya motif tersebut terjadi karena pengaruh lingkungan, yaitu motif sosiogenetis, yakni motif tersebut terbentuk karena pengaruh lingkungan dan kebudayaan. Hal itulah yang menjadi prioritas bagi siswa melakukan bullying terhadap guru baru adalah suatu bentuk ikut-ikutan temannya dan merupakan salah satu bentuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar-mengajar. Sedangkan bentuk bullying yang biasa dilakukan adalah bentuk bullying verbal dimana pelaku melakukan seperti menjuluki, meneriaki, dan memalukan di depan umum. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa melakukan bullying adalah faktor teman sebaya dan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motif, siswa dan bullying
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 11 Apr 2018 00:27
Last Modified: 11 Apr 2018 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item