PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs MINAT KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

SITI MUYASSAROH, NIM. 1323301096 (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs MINAT KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI MUYASSAROH_PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs MINAT KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek penting proses pendidikan adalah membangun karakter anak didik. Karakter merupakan standar atau norma dan sistem nilai yang terimplementasi dalam berbagai bentuk kualitas diri. Karakter diri dilandasi nilai-nilai luhur, yang pada akhirnya terwujud di dalam perilaku. Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Karakter juga memiliki fungsi sebagai penggerak dan kekuatan sehingga bangsa ini tidak terombang-ambing. Di sisi lain, karakter tidak datang dengan sendirinya, namun harus dibangun dan dibentuk untuk menjadikan suatu bangsa bermartabat. Pendidikan adalah pilar utama dalam pembentukan karakter seorang peserta didik. Pendidikan yang baik akan membentuk karakter peserta didik yang lurus dan terarah. Pembinaan karakter yang baik pada akhirnya akan bermuara pada kebaikan di kehidupan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter MTs MINAT Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap yang menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter luhur kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat menerapkan dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di MTs MINAT Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dilaksanakan melalui penanaman nilai-nilai dan strategi pengintegrasian ke dalam pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Nilai-nilai pendidikan karakter yang paling dominan dan dikembangkan di MTs MINAT Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap ada enam karakter yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun dan mandiri. Keenam karakter tersebut lebih dominan di MTs MINAT mengingat basic madrasahnya adalah pesantren sehingga nilai-nilai karakter tersebut yang dominan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, MTs MINAT Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 10 Apr 2018 23:54
Last Modified: 10 Apr 2018 23:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item