Janti Oktafiani, 1323310048 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK SUATU BENDA MELALUI STRATEGI INKUIRI SISWA KELAS IV DI MI MA`ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text
JANTI OKTAFIANI_MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGARUH GAYA TE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada konsep pengaruh gaya terhadap gerak suatu benda melalui Strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Ma`arif NU Tlahab Lor kelas IV yang berjumlah 17 siswa tahun ajaran 2016/2017. Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama menggunakan sub konsep gaya dapat mempengaruhi gerak benda, sedangkan siklus kedua menggunakan sub konsep gaya dapat mempengaruhi bentuk benda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan tes pilihan ganda. Rata-rata skor hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I sebesar 71,36, rata-rata N-gain sebesar 0,27 dan siswa yang mencapai KKM ≥ 75 berjumlah 7 orang (51,85%) sedangkan pada siklus II sebesar 80,47, dan siswa yang mencapai KKM ≥ 75 berjumlah 13 orang (81,48%). Dengan demikian hasil belajar IPA siswa pada konsep pengaruh gaya terhadap gerak suatu benda dapat meningkat melalui strategi pembelajaran inkuiri yang memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) Rumusan Masalah, 2) Merumuskan Hipotesis, 3) Mengumpulkan Data, 4) Menguji Hipotesis, dan 5) Merumuskan Kesimpulan. K
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 04:23 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 04:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3464 |
Actions (login required)
View Item |