MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK SUATU BENDA MELALUI STRATEGI INKUIRI SISWA KELAS IV DI MI MA`ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016/2017.

Janti Oktafiani, 1323310048 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK SUATU BENDA MELALUI STRATEGI INKUIRI SISWA KELAS IV DI MI MA`ARIF NU TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
JANTI OKTAFIANI_MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGARUH GAYA TE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada konsep pengaruh gaya terhadap gerak suatu benda melalui Strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Ma`arif NU Tlahab Lor kelas IV yang berjumlah 17 siswa tahun ajaran 2016/2017. Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama menggunakan sub konsep gaya dapat mempengaruhi gerak benda, sedangkan siklus kedua menggunakan sub konsep gaya dapat mempengaruhi bentuk benda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan tes pilihan ganda. Rata-rata skor hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I sebesar 71,36, rata-rata N-gain sebesar 0,27 dan siswa yang mencapai KKM ≥ 75 berjumlah 7 orang (51,85%) sedangkan pada siklus II sebesar 80,47, dan siswa yang mencapai KKM ≥ 75 berjumlah 13 orang (81,48%). Dengan demikian hasil belajar IPA siswa pada konsep pengaruh gaya terhadap gerak suatu benda dapat meningkat melalui strategi pembelajaran inkuiri yang memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) Rumusan Masalah, 2) Merumuskan Hipotesis, 3) Mengumpulkan Data, 4) Menguji Hipotesis, dan 5) Merumuskan Kesimpulan. K

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Feb 2018 04:23
Last Modified: 06 Feb 2018 04:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item