UPAYA GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs MA’ARIF NU 15 SIWARAK KARANGREJA PURBLINGGA

Usman, NIM. 1223308078 (2018) UPAYA GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs MA’ARIF NU 15 SIWARAK KARANGREJA PURBLINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
USMAN_UPAYA GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs MA’AR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)

Abstract

Kedisiplinan sangat penting dalam kehidupan manusia bahkan kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan dan keberhasilan seseorang terutama pada siswa usia sekolah. Sekolah adalah salah satu lingkungan pendidikan setelah pendidikan keluarga, yang sangat berpengaruh dalam membentuk dan meningkatkan nilai-nilai karakter terutama karakter disiplin. Dengan berbekal kedisiplinan akan terdorong untuk melahirkan nilai-nilai karakter lain, seperti kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, kerja keras, semangat kebangsaan dan sebagainya. Untuk menanamkan dan meningkatkan kedisiplinan siswa, banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh guru, diantaranya dengan mengunakan, teladan, hukuman, dan sebagainya. Upaya itu dilakukan oleh guru dalam rangka mencetak manusia yang berkualitas. Dan salah satu indikasi manusia yang berkualitas adalah yang memiliki disiplin tinggi baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Upaya tersebut juga dilakukan oleh guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU 15 Siwarak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru rumpun PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif NU 15 Siwarak dengan subjek kepala madrasah, guru rumpun PAI, dan sebagian siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa upaya guru rumpun PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Ma’arif NU 15 Siwarak dilakukan dengan melalui keteladanan, pemberian nasihat atau penjelasan, pembiasaan, dan teguran dan hukuman bagi siswa yang melanggar. Adapun pembiasaan yaitu shalat Dhuha, pembacaan surat Yasin, Waqiah, hafalan Juz ‘Amma, muhadharoh, dan Istighotsah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: upaya guru rumpun PAI, kedisiplinan, Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Feb 2018 00:45
Last Modified: 13 Feb 2018 00:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item