MANAJEMEN PEMBINAAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN SMP NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA

Anggi Waskita Rini, 1323303013 (2017) MANAJEMEN PEMBINAAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN SMP NEGERI 1 KALIGONDANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANGGI WASKITA RINI_MANAJEMEN PEMBINAAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Manajemen peningkatan mutu dapat dilaksanakandengan baik di sebuah Sekolah atau Madrasah bilamana didukung oleh keberadaan tenaga kependidikan yang produktif dengan melakukan berbagai pengembangan sesuai dengan kebutuhan sekolahnya masing-masing. Kemampuan fungsional yang baik akan mempertinggi produktivitas kerja seseorang. Ini berarti bahwa ada hubungan antara kemampuan fungsional dengan produktivitas. Ini berarti pula bahwa seorang tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan fungsional yang baik akan produktif, yaitu menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari hasil kerjanya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Mengingat pentingnya para tenaga kependidikan yang sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pendidikan, maka Sekolah atau Madrasah perlu memberikan pembinaan kemampuan fungsional pada tenaga kependidikan agar para tenaga kependidikan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, yakni melalui pembinaan kemampuan fungsional bagi tenaga kependidikan. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana proses manajemen pembinaan kemampuan fungsional bagi tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Kaligondang Purbalingga? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembinaan kemampuan fungsional bagi tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Kaligondang Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu Kepala Sekolah, Kepala tata usaha dan karyawan tata usaha SMP Negeri 1 Kaligondang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa manajemen pembinaan kemampuan fungsional bagi tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Kaligondang Purbalingga merupakan usaha sekolah dalam meningkatkan produktivitas atau semangat kerja para tenaga kependidikan, dan dilakukan melalui empat tahap, yakni: pertama, perencanaan yakni dengan merencanakan kegiatan apa yang akan dilaksanakan dan kapan pelaksanaannya, Kedua, pengorganisasian yaitu dengan menentukan siapa saja yang akan bertanggungjawab dalam kegiatan ini dengan membuat rencana harian, Ketiga, pelaksanaan yakni dengan melaksanakan kegiatan pembinaan kemampuan fungsional tenaga kependidikan, Keempat, yakni pengawasan dengan penilaian apakah sudah dilaksanakan dengan baik sesuai yang direncanakan atau belum. Kata Kunci: Manajemen, Pembinaan, Kemampuan Fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan, Kemampuan Fungsional.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:44
Last Modified: 02 Feb 2018 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item View Item