AmalliaWahyuPangesti, 1323305143 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 01 PASIR KULON KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
ABSTRAK.docx Download (115kB) |
||
|
Text
AMALIA WAHYU PANGESTI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatuusaha yang secarasadardilakukanolehpesertadidik yang diharapkanmampumendidikanakuntukmengamalkannyadalamkehidupansehari-harisehingga dapat memberikandampakpositifbagidirinyasendirimaupunbagilingkungannya. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dirasa sangat diperlukan mengingat mata pelajaran tersebut mampu membentuk karakter, sikap dan kebiasaan yang mencerminkan warga negara yang baik, religius, jujur, demokratis, dan memiliki semangat kebangsaan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas IV dan Kepala Madrasah MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon. Sedangkan yang menjadi Objek penelitian adalah implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon masih mengikuti pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang nilai karakternya diintegrasikan di dalam RPP. Perencanaan ini digunakan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran beserta menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon sudah cukup baik, karena sudah menggunakan berbagai metode agar tidak membuat bosan peserta didik. Evaluasiyang dilakukan menggunakantekniktesdan non tesdilakukandenganmelakukanpenilaianauthenticataupengamatanlembarkerjasiswa, pengetahuan, kerjasamadankeaktifansiswa. Dan penilaianternyatahanyadilakukandengancarapenilaianantartemandandirisendiri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendididikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 23:57 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 23:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
View Item |