IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP

Annisa Nirmala Firdausi, NIM. 1323301165 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB1_BABV-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ANNISA NIRMALA F_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitianini adalah bahwa manusia sangat tergantung dalam lingkungan hidupnya, baik lingkungan secara fisik maupun sosial. Pendidikan lingkungan hidup berperan besar bagi kesejahteraan dan kesinambungan hidup masyarakat. Pendidikan Agama Islam dankesadaran memiliki kaitan yang erat dalammengatasikrisislingkungandewasaini. Berdasarkan konteks ini, agama Islam merupakan sumber inspirasi moralitasdan spiritualitas menjadisebuahkebutuhanperadabankontemporer. Keterlibatan agama dalamgerakankonservasilingkungandanproyekpenyelamatanbumimenjaditakterelakkan. Salah satu modus pemahaman Islam multidimensional yang bisamengintegrasikansecaraproposionaldimensispiritualitasdanrasionalitassertawawasankosmikdanhumanistiksecarabersamaanmenjadisalahsatukandidat yang menjanjikanuntukmengatasikrisislingkunganyaknimelaluiPendidikan Agama Islam berwawasanlingkungan. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif, jenispenelitianlapangan (Field Research) denganmengambillatarbelakang MAN Cilacap, subjekpenelitianKepala Madrasah, WAKA Kurikulum, guru PAI, timadiwiyata, danpesertadidik. Pengumpulan data dilakukandengancaraobservasi, wawancara, dandokumentasi, teknikanalisis data dalampenelitianinimengacupada model Miles danHuberman yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi).Karenaobjeknyatentangpendidikan, makasubjek yang digunakanadalah orang yang memiliki data daninformasi yang akurat. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaImplementasiPendidikan Agama Islam diwujudkanmelaluikonsepintegrasi KBM (indoor) yaitudenganmengintegrasikanpendidikanlingkunganhidupdalammateri PAI yang meliputi al-Qur’an Hadits, AkidahAkhlak, danFikih. Integrasimelaluikegiatanekstrakulikuler (outdoor) dengansegalaaktivitaspesertadidikdiarahkanpadasikapramahterhadaplingkunganmelaluianekakegiatanpedulilingkungan. Metode yang digunakan dalam membangun kesadaranberlingkunganmeliputimetodeketeladanan, pembiasaan, kedisiplinan, ibrahdanmau’idzah. ImplementasiPendidikan Agama Islam berwawasan lingkungan tersebutmelatihanak memiliki pandangan terhadap alam dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, WawasanLingkungan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jan 2018 01:46
Last Modified: 20 Jan 2018 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item