MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH BAGI SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF NU 1 SOKARAJA BANYUMAS

Umiatun Chasanah, NIM. 1323303036 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH BAGI SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF NU 1 SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI CHASANAH_MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu prosesmerencanakan,mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat adanya suatu proses pembelajaran yang berbasis padateknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadits yang secara integrative menjadi sumber nilai dan landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan. Dalam mata pelajaran tersebut membahas tentang bagaimana cara kita mengimani qadha dan qadhar, dimana takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT yang harus selalu kita yakini dan kita imani ketetapannya. Masalahnya yaitu dalam materi mengimani akan ketetapan Allah SWT mengenai qadha dan qadhar, guru dalam proses belajar-mengajar sebelumnya masih menggunakan metode ceramah, penggunaan metode tersebut mengakibatkan peserta didik hanya fokus pada teori saja, tanpa adanya dukungan dari media pembelajaran maka teori tersebut bisa dikatakan belum matang. Beda masalahnya jika guru mengunakannya media pembelajaran berbasis komputer yang mana pada materi tersebut disajikan materi dan gambar tentang ketetapan Alah SWT yang berkaitan dengan ras, suku dan budaya yang ada diseluruh dunia, dengan adanya bantuan media komputer maka guru dapat menampilkan gambar, dan vidio yang terkait dengan materi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa efektifkah guru dalam me-manajemen pembelajaran berbasis komputerdi kelas, terutama dalam mata pelajaran akidah akhlak bagi siswa di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat studi lapangan dengan metode kualitatif karena di dasarkan pada tempat dan sumber data yang diambil dari MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian adalah manajemen pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran akidah akhlak bagi siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Metode pengumpulan data yang dikumpulkan antara lain metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data. Hasil kesimpulan bahwa manajemen pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran Akidah Akhlak bagi siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja meliputi perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian, serta komponen-komponen pembelajaran berbasis TIK yang telah diaplikasikan dengan apik oleh guru yang sesuai dengan prosedur pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Berbasis Komputer, Pembelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jan 2018 01:39
Last Modified: 20 Jan 2018 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item