IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH ARENAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Luqman Munandar, 092335009 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH ARENAN KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
LUQMAN MUNANDAR_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya persoalan pembelajaran dewasa ini, salah satunya dalam mata pelajaran IPA. Persoalan ini terkadang timbul tidak hanya karena persoalan tentang kemampuan siswa, media yang digunakan, atau sarana yang dimiliki.akan tetapi sering kali karena kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam menerapkan suatu metode, media atau strategi pembelajaran yang terbatas. Terlebih apabila kemampuan guru mengenai metode, media dan strategi yang terbatas, terkadang kemampuan guru yang sedah cukup banyak sekalipun, apabila penerapannya tidak sesuai prosedur, maka dampaknya pembelajaran tersebutakan tidak maksimal. Dengan memahami hakikat strategi pembelajaran, dan benar-benar menguasai langkah-langkah dalam menggunakannya adalah cara guru untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang sudah direncanakan dalam kegiatan belajar mengajarsecara nyata sehingga tujuan pendidikan akan mudah tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat kejelasan tentang Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Muhammadiyah Arenan tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru kelas IV, sedangkan data sekunder didapatkan diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain : Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan Penelitian yang penulis lakukan selanjutnya penulis dapat menyimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Muhammadiyah Arenan tahun pelajaran 2013-2014 sudah berjalan Baik. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:33
Last Modified: 24 Jun 2016 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item