SUTRIMO PURNOMO, NIM.1522605062 (2017) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (StudiKasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-IttihadTeluk KecamatanPurwokerto Selatan KabupatenBanyumas). Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
SUTRIMO PURNOMO_PARTISIPASI MASYARAKAT.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemah akan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu dilakukan upaya penguatan pembiayaan pendidikan. Partisipasi masyarakat dinilai tepat bagi penguatan pembiayaan pendidikan sebagai bentuk demokrasi berkeadilan yang bermakna bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkewajiban dalam penyediaan dana. Lembaga pendidikan harusnya memiliki kemampuan untuk melibatkan masyarakat dalam pembiayaan pendidikan. TPQ Al-Ittihad sebagai lembaga pendidikan Islam dalam pembiayaan pendidikannya mampu melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif, baik pada jenis pembiayaancapital cost maupunrecurrent cost. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian iniadalah bagaimanakah partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di TPQ Al-IttihadTelukKecamatanPurwokerto Selatan Kabupaten Banyumas, baik padatahap perencanaan, pelaksanaan, danevaluasipembiayaanpendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan menggunakan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapanreduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di TPQ Al-Ittihad bersifat fungsional religiuskultural dengan tahapan pembiayaannya, meliputi: Pertama, perencanaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan tahapan analisis permasalahan, analisis potensi, dan analisis kepentingan masyarakat yang berasaskan musyawarah untuk mufakat. Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan melalui penggerakan sumber daya dan dana, kegiatan administrasi dan koordinasi, serta penjabaran program dengan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Ketiga, evaluasi pembiayaan pendidikan dilakukan dengan melakukan perbandingan antara rencana anggaran belanja dan realisasipenggunaannya dengan prinsip transparansi anggaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PartisipasiMasyarakat, PembiayaanPendidikan, dan Community Based Education, Social participation |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 20 Jan 2018 00:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2018 00:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3367 |
Actions (login required)
View Item |