PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN POKOK BAHASAN SENI MUSIK MELALUI METODE DRILL PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH DUKUHTURI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

M ILHAM RAHMANI RIYADI, NIM. 1323310080 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN POKOK BAHASAN SENI MUSIK MELALUI METODE DRILL PADA KELAS VI DI MI MUHAMMADIYAH DUKUHTURI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
M ILHAM RAHMANI RIYADI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN POK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK pada pokok bahasan seni musik dipengaruhi oleh beberapa sebab, salah satu penyebabnya adalah kesalahan pemilihan metode ceramah pembelajaran yang di gunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas. Seni musik tidak akan bisa lepas dari praktik untuk menguasainya. Untuk itu perlu adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan mengganti metode pembelajaranya dengan metode drill pada mata pelajaran SBK pokok bahasan seni musik di MI Muhammadiyah Dukuhturi tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan posisi peneliti sebagai pengajar. Tahap dalam penelitian diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas VI di MI Muhammadiyah Dukuhturi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari data studi awal yang diperoleh yaitu dari jumlah siswa 14 anak hanya 5 siswa yang memiliki nilai tuntas dan sisanya yaitu 9 siswa tidak mendapatkan nilai tuntas, dengan jumlah nilai siswa hanya 932,5 dan rata-ratanya 66,6 serta mendapat prosentase ketuntantasan 35,7% pada nilai seni musik yang meliputi alat musik ritmis dan melodis. Dari kedua jenis alat musik itu nilai pada alat musik melodislah yang cukup rendah yaitu jumlah nilai siswa hanya 885 dengan nilai rata-ratanya 63,2, dengan data jumlah siswa yang tuntas 5 siswa dan 9 siswa tidak tuntas dan mendapat prosentase ketuntasan 35,7. Kemudian dilakukan perbaikan dengan dua siklus, pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 10 siswa dan sisanya 4 siswa tidak mendapatkan nilai tuntas, dengan jumlah nilai 985 dengan rata-rata 70,36 dan prosentase ketuntasanya 71,42%. Selanjutnya pada siklus II sebanyak 13 siswa mendapatkan nilai tuntas dan hanya 1 siswa yang tidak mendapatkan nilai tuntas dengan jumlah nilai 1085 dengan rata-rata 77,5 dan mendapat prosentase ketuntasan 93%, dengan demikian penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pembelajaran, Hasil Belajar, Metode drill, Pembelajaran seni budaya, Seni Musik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:18
Last Modified: 12 Jan 2018 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3352

Actions (login required)

View Item View Item