MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

SUNARSIH, 1423402065 (2017) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
SUNARSIH_MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN PE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya, tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal. Dalam hal inilah tumbuh kesadaran akan pentingnya manajemen dalam mengatur pendidikan dan pengajaran untuk membantu pelaksanaan pengajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas yang meliputi, Perencanaan Pembelajaran, Pengorganisasian Pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran dan Evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis Interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian, Manajemen Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas :kesatu guru membuat Perencanaan Pembelajaran dengan mempersiapkan silabus dan kurikulum yang telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh madrasah, dengan ini dikembangkan oleh guru menjadi rencana program pengajaran kedua Pengorganisasian Pembelajaran, ketiga Pelaksanaan Pembelajaran yang meliputi Persiapan kelas, Pembukaan, Inti pembelajaran dan Penutup kemudian yang keempat adalah Evaluasi yang dilaksanakan oleh para guru pendidikan agama Islam dan terahir Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Madrasah Tsanawiyah, Pendidikan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 07 Dec 2017 03:00
Last Modified: 07 Dec 2017 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item