KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SUSANTI (1223302048)

SUSANTI, 1223302048) (2017) KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTs AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SUSANTI (1223302048). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
SUSANTI_KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi guru yang harus dimiliki oleh seorang guru bahasa Arab. Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi Kompetensi Paedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan profesi/ kompetensi profesional. Sementara itu, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru menjelaskan bahwa Kompetensi guru bahasa Arab yaitu memiliki pengetahuan berbagai aspek kebahasaan dalam bahasa Arab (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis), menguasai bahasa Arab lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis). Dikarenakan guru bahasa Arab harus berkompeten agar tujuan pembelajaran bahasa Arab tercapai maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru bahasa Arab di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru bahasa Arab di MTs Ma’arif Nu Al-Hidayah Purwokerto Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau Field Research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah MTs Ma’arif Nu Al-Hidayah Purwokerto Barat. Subjek penelitian ini adalah Bapak Sultoni, M.Pd guru bahasa Arab MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat. Sedangkan yang menjadi objek adalah Kompetensi guru bahasa Arab. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Observasi, metode Wawancara, dan metode Dokumentasi. Dari hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Arab sudah berkompeten sudah menjalankan indikator-indikator 4 kompetensi guru yaitu Kompetensi Paedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan kompetensi Profesional dalam pembelajaran bahasa Arab dengan baik dan dalam kualifikasinya sudah memenuhi standar Kualifikasi Akademik karena beliau sudah S2 bahasa Arab dan dalam aspek kebahasaan beliau juga menguasai bahasa Arab lisan dan tulisan terlihat dalam penyampaian pembelajaran yang sangat komunikatif dan mudah dipahami peserta didik, hal tersebut memenuhi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi guru bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Guru Bahasa Arab, MTs Ma’arif Nu Al-Hidayah Purwokerto Barat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:06
Last Modified: 07 Dec 2017 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item