MANAJEMEN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOKERTO 2 KABUPATEN BANYUMAS

JUWAHIR, 1423402097 (2017) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURWOKERTO 2 KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
JUWAHIR_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pendidikan adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Sejak tahun 2002, MAN Purwokerto 2, telah mengembangkan kurikulumnya dengan menyelenggarakan program pendidikan kecakapan hidup (life skills). Program ini diprioritaskan pada siswa yang berminat pada pendidikan life skill dan setelah lulus nanti diharapkan mampu mempraktekkan ketrampilannya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pengembangan kecakapan hidup peserta didik di MAN Purwokerto 2 Kabupaten Banyumas, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan life skills. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MAN Purwokerto 2 Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga alur penelitian, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pengembangan kecakapan hidup, meliputi menentukan pendidikan keterampilan yang akan dilaksanakan, mengadakan sosialisasi, menentukan tujuan, menyebar angket, menentukan waktu pelaksanaan, kurikulum pendidikan keterampilan pilihan, menyiapkan sarana prasarana. (2) Pengorganisasian pengembangan life skill peserta didik dilakukan dengan membentuk dan mengangkat wakil kepala madrasah bidang pengembangan keterampilan (vokasional) yang bertugas menangani pengembangan Workshop Keterampilan. MAN Purwokerto 2 juga membentuk panitia kecil/panitia Ad Hoc/Tim Kerja yang bertugas untuk merancang inovasi kurikulum, guna untuk mengakumulir kegiatan keterampilan; (3) Pelaksanaan pengembangan program life skill peserta didik terbagi dalam empat hal utama, yaitu (a) Reorientasi pembelajaran dengan melakukan integrasi program life skill melalui kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler dan intrakurikuler; (2) Manajemen madrasah; (3) Pembentukan budaya madrasah. (4) Melalui hubungan madrasah dengan masyarakat agar terjalin sinergisitas yang baik guna mencapai lulusan MAN Purwokerto 2 yang berkualitas yang dapat berperan serta secara aktif dalam kehidupan bermasyarakat sehingga menjadi alumni yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Kecakapan Hidup
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:12
Last Modified: 30 Nov 2017 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item