SRI RAHMAYANTI, NIM. 102331116 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL AL KHAIRIYAH BANJARSARI KIDUL KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (59MB) | Preview |
|
Text
SRI RAHMAYANTI_PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL AL KHAIRIYAH BANJARSARI KIDUL KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf Restricted to Registered users only Download (60MB) |
Abstract
Menanamkan nilai agama dan moral pada usia dini sangat besar pengaruhnya. Salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yaitu RA/TK. Diantara aspek yang dikembangkan di RA adalah nilai agama dan moral yang berfungsi sebagai pondasi dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan sebagai dasar moral dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran nilai agama dan moral, seorang guru membutuhkan suatu metode pembelajaran dalam menyampaikan materi nilai agama dan moral yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia RA. Metode pembelajaran adalah suatu cara guru melakukan atau menyajikan, menguraikan, memberi contoh isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Bidang pengembangan nilai agama dan moral adalah sebuah bidang pelajaran yang terdapat pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (RA/TK/BA). Penggunaan metode pembelajaran pada materi nilai agama dan moral yang dilakukan oleh guru bertujuan supaya materi yang disampaikan kepada siswa dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bidang pengembangan nilai agama dan moral di RA Al Khairiyah Banjarsari Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi tentang metode yang digunakan dalam pembelajaran nilai agama dan moral. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah: 1. Metode pembelajaran bidang pengembangan nilai agama dan moral disesuaikan dengan materi dan tingkat perkembangan anak. 2. Metode yang digunakan bervariasi, antara lain: Metode Pembiasaan dan Contoh, Bercakap-cakap/Tanya Jawab, Bermain, Demonstrasi, Bernyanyi, Karyawisata, Hafalan, Cerita dan Pemberian Tugas. Bertujuan supaya pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, guru dan siswa lebih semangat, serta motivasi belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Pembelajaran RA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 06:42 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 06:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/322 |
Actions (login required)
View Item |