PENDIDIKAN KARAKTER: INTERNALISASI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YOS SUDARSO SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Ipung Tyas Safitrie, NIM. 1323301213 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER: INTERNALISASI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YOS SUDARSO SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
IPUNG TYAS SAFITRIE_PENDIDIKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)

Abstract

Hilang karakter seseorang adalah akar dari semua tindakan yang jahat dan buruk, karena karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri setiap individu untuk hidup dan bekerja sama baik dalam lingkungan keluarga, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik yaitu individu yang dapat membuat keputusan dan siap bertanggungjawab atas apa yang menjadi keputusannya. Bertoleransimerupakansalahsatunilaidalampendidikankarakteryang dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan karakter. Persoalan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang dapat memberikankontribusi dalam internalisasitoleransiberagamadalampembelajaranpendidikan Agama Islam di SMP YosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumasdanbagaimanametode yang digunakandalaminternalisasitoletansiberagama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan SMP YosSudarsodalammenginternalisasikantokeransiberagamadalampembelajaranterhadapguru, staf, danparapesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Metode dalam pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode dalam analisis yang digunakan adalah metode analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, verivikasi data dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasinilai-nilaiToleransiBeragamadalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SMPYosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumasterdiridaribeberapakegiatanyaitu : a) sholatdhuhurberjamaah, b) memberisalam, c) bukapuasabersamaketikabulanRamadhan, d) pesantrenkilat, e) kegiatangotongroyongberupago green.MetodePendidikanKaraktermenggunakanbeberapacara. Sepertiketeladanantoleransipara guru danstafsekolah, pembiasaan yang baiksebagaicontohuntukparapesertadidiksehinggatidakhanyapesertadidiknamunpara guru danstafjugademikian, menceritakanmanfaatatauindahnyahidupbertoleransidandampaknegatif yang dapatterjadiapabilaketidakadanyainternalisasitoleransiberagama, menggunakanmetodenasehatuntukpesertadidik yang masihsalingmengejek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Toleransi Beragama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam NIM. 1323301213
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:32
Last Modified: 27 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item