WARSO, 1522605041 (2017) PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KEBUMEN. Masters thesis, IAIN.
Text
WARSO_PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Sebuah kenyataan yang dihadapi oleh dunia pendidikan terkait dengan masalah mutu pendidikan di Indonesia saat ini adalah tingkat mutu pendidikan yang masih rendah dan jauh dari harapan masyarakat sebagai stakeholder dan konsumen pendidikan serta cita-cita perundang-undangan di negara kita. Salah satu upaya yang bisa dilakukan sekolah adalah dengan melakukan pengendalian/pengontrolan mutu pendidikan. Pengendalian mutu/Quality Control adalah suatu sistem untuk mendeteksi terjadinya penyimpangan kualitas output yang tidak sesuai dengan standar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis pengendalian mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dengan fokus penelitiannya adalah pengendalian mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) observasi parsisipan; (2) wawancara; dan (2) dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya adalah dengan teknik deskriptif-kualitatif, dengan langkah-langkah: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan/temuan penelitian; (4) verifikasi; dan (5) penarikan kesimpulan/temuan akhir. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi metode. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pengendalian mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen meliputi pengendalian unsur: input, proses dan output. Pengendalian input dilakukan terhadap: (a) visi, misi, dan tujuan; (b) kurikulum; (c) pendidik dan tenaga kependidikan; (d) peserta didik; (e) sarana dan prasarana; (f) dana/pembiayaan; (g) regulasi satuan pendidikan; (h) organisasi; (i) administrasi; (j) peran serta masyarakat; dan (k) budaya satuan pendidikan. Pengendalian proses dilakukan terhadap kegiatan: (a) pengajaran, (b) pelatihan, (c) pembimbingan, (d) evaluasi, (e) ekstrakurikuler dan (e) pengelolaan pendukung pembelajaran. Pengendalian output dilakukan terhadap: (a) output akademik; (b) output non akademik; (c) angka mengulang; (d) angka putus sekolah; dan (e) durasi sekolah. Pengendalian mutu pendidikan di MI Negeri 1 Kebumen mampu membawa lulusannya mendekati pada profil yang diharapkan stakeholders, tanggapan stakeholders terhadap lulusan sangat baik, dan mutu lulusan telah mampu bersaing dengan sekolah/madrasah lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Mutu, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 00:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2017 00:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3191 |
Actions (login required)
View Item |