PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATENPURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURJANAH, NIM. 13233100100 (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATENPURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
NURJANAH_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 2 PONJEN KECAMATAN K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IIISD Negeri 2 Ponjen, adalah kelas yang sudah menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang tersebutpenulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Penggunaan Media Gambar pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 2 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten PurbalinggaTahun Pelajaran 2016/2017. Rumusanmasalahpenelitianiniadalah“Bagaimana Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA kelas III SD Negeri 2 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 di kelas III?” Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimana Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPAapakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penggunaan media gambar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran IPA. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan(fildresearch)yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media gambar. Objek dalam penelitian ini adalah media gambar dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas IIISD Negeri 2 Ponjen. Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancaradandokumentasi. Penulismenggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menggunakan media gambardi SD Negeri 2 Ponjen meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, dan promes. Semua rangkaian penggunaan media gambartersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan pesertadidiklebihaktifdantermotivasidalammengikuti proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media of Learning, Learning tool, media, Picture in learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:14
Last Modified: 20 Oct 2017 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item View Item