ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH PADA KARYAWAN RSUI HARAPAN ANDA TEGAL

Andarlita Dwi, Pitaloka (2025) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH PADA KARYAWAN RSUI HARAPAN ANDA TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Andarlita Dwi Pitaloka_Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Lembaga Keuangan Syariah Pada Karyawan RSUI Harapan Anda Tegal.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembagan lembaga keuangan syariah yang pesat serta diiringi dengan tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia yang mengalami peningkatan tidak menjadikan masyarakat memutuskan menggunakan layanan lembaga keuangan syariah dilihat dari pangsa pasar keuangan syariah indonesia yang masih tergolong rendah. Berbagai upaya lembaga keuangan syariah meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan layanan lembaga keuangan syariah, salah satunya dengan cara mendorong banyak institusi untuk bekerja sama dengan lembaga keuangan syariah. RSUI Harapan Anda Tegal, sebagai institusi yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip Islam, mewajibkan karyawannya menggunakan layanan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk keperluan penggajian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan lingkungan sosial terhadap keputusan menggunakan layanan lembaga keuangan syariah pada karyawan RSUI Harapan Anda Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 91 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen serta dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pengetahuan produk maupun lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan lembaga keuangan syariah. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pengetahuan mengenai produk keuangan syariah serta dukungan dari lingkungan sosial dapat mendorong individu untuk memilih layanan lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Produk, Lingkungan Sosial, Keputusan Penggunaan, Lembaga Keuangan Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Andarlita Dwi Pitaloka
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:36
Last Modified: 07 Jul 2025 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31602

Actions (login required)

View Item View Item