ASPEK ASPEK MA’ANI DALAM AL-QUR’AN SURAT YASIN DAN ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA

Puput Murniati, .1323302071 (2017) ASPEK ASPEK MA’ANI DALAM AL-QUR’AN SURAT YASIN DAN ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
PUPUT MURNIATI_ASPEK ASPEK MA’ANI DALAM AL-QUR’AN SURAT YASIN DAN ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ilmu Ma’ani sebagai turunan dari Ilmu Balaghah merupakan ilmu dimana dengannya dapat mengetahui keadaan-keadaan perkataan bahasa Arab yang dengan keadaan-keadaan tersebut akan sesuai dengan muqtadhal-hal (situasi dan kondisi).Belakangan ini, pembelajaran Ilmu Ma’ani mengalami kejenuhan. Pasalnya, pembelajaran Ilmu Ma’ani disampaikan dengan metode yang monoton serta contoh-contoh klasik yang dari tahun ke tahun tetap sama. Alternatif pembelajaran Ilmu Ma’ani menjadi solusi yang terbaik yang sangat diharapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Ditinjau dari sifatnya, penelitian ini bersifat kajian kepustakaan (library research).Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode Content Analysis (Analisis Isi). Penulis mengupas 83 ayat dalam surat Yasin, yang mencakup aspek-aspek Ma’ani dalam surat Yasin serta alternatif pembelajarannya. Untuk memperoleh data yang otentik, penulis menggunakan bentuk dan metode yang sesuai dengan bentuk dan jenis data yang diperlukan. Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini, yaitu: Metode analisis Balaghah. Peneliti menggunakan ilmu Ma’ani sebagaialat analisis ayat-ayat dalam surat Yasin. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Surat Yasin, terdapat aspek-aspek Ilmu Ma’ani yaitu: kalam khabaribtidai sebanyak 28 uslub, kalam khabar thalabi sebanyak 14 uslub, kalam khabar inkari sebanyak 9 uslub, kalam insyai thalabi sebanyak 38 uslub yaitu terdiri dari nahi 1 uslub, istifham 20 uslub, amar 10 uslub, tamani 5 uslub, dan nida 1 uslub. Kalam ghairu thalabi sebanyak 2 uslub yang terdiri dari ta’ajub 1 uslub, qasam 1 uslub, qashrhaqiqi 6 uslub, qashar idhafi 3 uslub, washl sebanyak 23 uslub, dan fashl sebanyak 49 uslub, ijaz hadzfi sebanyak 4 uslub,ijas qashr sebanyak 5 uslub, musawah sebanyak 8 uslub,danithnab sebanyak 20 uslub. Adapun alternatif pembelajaran yang dipilih oleh penulis adalah pembelajarn Ilmu Ma’ani dengan menggunakan metode gramatika-terjemah yang dipadukan dengan analisis surat Yasin sebagai contoh dalam pembahasan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ma’ani, Yasin, Kalam khabari, Insyai, Qashr, Ijaz, Ithnab, Musawah
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:25
Last Modified: 13 Oct 2017 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item