Nur, Kholifah (2025) PENGARUH PEMASARAN SYARIAH,PELAYANAN UNGGUL DAN REPUTASI TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH TENTANG TABUNGAN EMAS BERBASIS PENDEKATAN SERVICE DOMINANT LOGIC:STUDI KASUS PADA NASABAH PEGADAIAN SYARIAH PASAR WAGE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NUR KHOLIFAH_ PENGARUH PEMASARAN SYARIAH, PELAYANAN UNGGUL DAN REPUTASI TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH TENTANG TABUNGAN EMAS BERBASIS PENDEKATAN SERVICE DOMINANT LOGIC (STUDI KASUS PADA NASABAH PEGADAIAN SYARIAH PASAR WAGE).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan investasi emas di Indonesia sebagai aset investasi tradisional banyak diminati karena nilainya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Dalam konteks ini Pegadaian Syariah Pasar Wage berperan sebagai lembaga keuangan yang menyediakan produk tabungan emas yang jumlah nasabahnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dalam hal ini menjadikan kepercayaan nasabah sebagai salah satu faktor kunci keberhasilan khususnya pada produk tabungan emas. Penting untuk meperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan nasabah. Beberapa diantaranya adalah pemasaran syariah yaitu memasarkan produk dengan memperhatikan prinsip IslamFaktor selanjutnya yaitu pelayanan unggul, semakin tinggi kualitasnya maka nasabah akan lebih tertarik dan percaya untuk memilih bertransaksi di Pegadaian Syariah tersebut semakin besar. Faktor lainnya yaitu reputasi dimana perusahaan yang memiliki citra positif akan memberikan kepercayaan pada pelanggan bahwa produk yang di sediakan berkualitas dan dapat dipercaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persial dan simultan pada faktor-faktor diatas terhadap kepercayaan nasabah tentang tabungan emas. Penelitian ini menggunakan teori SDL (Service Dominant Logic) yaitu menjelaskan bahwa teori ini berkonsep ke pemasaran yang mengutamakan pelayanan dan juga menciptakan nilai antara perusahaan dan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji persial menunjukan bahwa variabel pemasaran syariah (X1), pelayanan unggul (X2), dan reputasi (X3), berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Berdasarkan uji simultan bahwa keseluruhan variabel terikat yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar (568.825 > 2,63) dan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah (82,3%) yang artinya 82,3% variasi pada kepercayaan nasabah tentang tabungan emas dipengaruhi oleh 3 variabel independent yaitu, pemasaran syariah (XI), pelayanan unggul (X2), dan reputasi (X3).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tentang pemasaran syariah, pelayanan unggul, reputasi, tabungan emas, service dominant logic, pegadaian syariah |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | NUR KHOLIFAH |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |