IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO

Anteng, Fuzi Rahayu (2025) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANTENG FUZI RAHAYU_IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus intoleransi dan radikalisme yang merambah di dunia pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang krusial dalam mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Isam dan Budi Pekerti di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PAI & BP, dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa kelas X telah mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diantaranya yaitu: 1. Tawassuth, meliputi pembiasaan literasi kitab suci, integrasi dalam pembelajaran PAI & BP. 2. I‘tidāl, meliputi penilaian guru yang proporsional dan objektif, melalui metode pembelajaran. 3. Tasamuh, meliputi interaksi antar sesama siswa dan dengan guru, penggunaan metode kerja kelompok, perlakuan setara guru terhadap semua siswa. 4. Syura, meliputi adanya aturan sebelum memulai pelajaran. 5. Qudwah, meliputi tuturkata dan perilaku guru yang baik. 6. Muwaṭanah, meliputi kegiatan apel setiap pagi. 7. I’tiraf al-‘urf, meliputi kontektualisasi dalam penjelasan materi PAI & BP, tidak ada paksaan berjilbab bagi siswa non muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anteng Fuzi Rahayu
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:24
Last Modified: 04 Jul 2025 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31540

Actions (login required)

View Item View Item