Safira, Nur 'Aini (2025) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI PLANJAN KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Safira Nur 'Aini_Efektivitas Strategi Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Yappi Planjan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 peserta didik. Materi yang digunakan Norma dan Adat Istiadat Daerahku yang terdapat pada BAB 8, mata pelajaran IPAS Kelas IV semester 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Nilai rata-rata hasil belajar IPAS peserta didik sebelum diterapkannya strategi pembelajaran card sort diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,70. Setelah strategi pembelajaran card sort diterapkan, rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 86,40. Terjadi peningkatan hasil belajar pada rata-rata hasil belajar yaitu mencapai 24,70. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di MI YAPPI Planjan, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya strategi pembelajaran card sort. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar IPAS pada data pretest dan posttest. Selanjutnya hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 0,69 yang masuk dalam kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi card sort cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di MI YAPPI Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar, IPAS. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Safira Safira Nur 'Aini |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:48 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |