IMPLEMENTASI METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN PEMBANGUNAN MAJENANG

FUADIA, NADIFA (2025) IMPLEMENTASI METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN PEMBANGUNAN MAJENANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FUADIA NADIFA IMPLEMENTASI METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN PEMBANGUNAN MAJENANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab ditingkat Madrasah Aliyah sering kali menghadapi tantangan, terutama dalam hal pemahaman tata bahasa (nahwu dan shorof). Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang tepat guna mempermudah peserta didik dalam memahami struktur Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis implementasi metode dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan Majenang. Metode ini merupakan pendekatan pembelajaran yang sist ematis dan praktis, dirancang untuk membantu siswa memahami tata bahasa Arab melalui hafalan nadzom, pemaknaan dalam bahasa Jawa Pegon dan Indonesia, serta latihan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode berjalan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang menjadi unik disana terdapat penampilan yang biasa disebut Demo Amtsilati yang menjadi output dari pembelajaran Metode Amtsilati. implementasi metode di Madrasah Aliyah Pesantren Pembangun Majenang dinilai cukup efektif dalam membantu peserta didik membangun pondasi pemahaman nahwu dan shorof. Namun, keterbatasan cakupan materi yang hanya sampai jilid 1–5 dan belum optimalnya pembiasaan membaca teks Arab gundul sejak awal menyebabkan penguasaan Bahasa Arab peserta didik belum sepenuhnya mendalam sesuai dengan teori ideal pembelajaran Bahasa Arab berbasis metode Amtsilati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Implementasi, Metode Amtsilati
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FUADIA NADIFA
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:17
Last Modified: 03 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item