Nofiyati, 1123308059 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN NEGERI 2 PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
NOFIYATI_PENGARUH PENDIDIKAN pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangikesadaranbahwatugasmendidik yang utamaadalahtugasdarikeluarga, termasukpendidikan agama.Sekolahsebagaisalahsatuunsurdalampendidikanmerupakanlembaga yang melaksanakanpendidikansekaligusmelaksanakanpenilaianterhadaphasilpendidikanuntukmengukurprestasisiswa.Prestasibelajarmemilikiposisipentingdalampendidikan, karenasebagaitolokukurkeberhasilan proses pembelajaran, sekaligussebagaibahanevaluasibagi guru. Permasalah yang diangkatdalamskripsiiniadakahpengaruhpendidikan agama dalamkeluargaterhadapprestasibelajarmatapelajaranPendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpendidikandalamkeluargaterhadapaprestasibelajarsiswadanberapabesarpengaruhtersebut. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankuantitatifuntukmenelitipadapopulasi sampletertentu. Objekpenelitianiniadalahpendidikan agama dalamkeluargasiswa SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Sample dalampenelitianiniadalah 45 unit keluargadarisiswakelas V dan VI Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwaterdapatpengaruhpendidikan agama dalamkeluargaterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Besarpengaruhtersebutdapatdilihatdarinilai r square yang diperoleh yaitu0.406 (40,6%) artinyapengaruhvariabel X (pendidikan agama dalamkeluarga) terhadapvariabel Y (prestasibelajarsiswa) adalahsebesar 40,6 %. Y=50,277+0,261X yang mengandungpengertianbahwa, jikatidakadakenaikannilaidarivariabelPendidikan Agama dalamkeluargaatau X=0, makanilaivariabelprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam adalah 50,277. Koefisienregresisebesar 0,261 menyatakanbahwasetiappenambahan (karenatanda +) satunilaipadavariabelPendidikanagama dalamkeluargaakanmemberikankenaikanpadavariabelprestasibelajarsebesar 0,261.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan agama dalamkeluarga, Prestasibelajarsiswa, SekolahDasar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 02:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 02:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3149 |
Actions (login required)
View Item |