PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN NEGERI 2 PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Nofiyati, 1123308059 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN NEGERI 2 PEJOGOL KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
NOFIYATI_PENGARUH PENDIDIKAN pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangikesadaranbahwatugasmendidik yang utamaadalahtugasdarikeluarga, termasukpendidikan agama.Sekolahsebagaisalahsatuunsurdalampendidikanmerupakanlembaga yang melaksanakanpendidikansekaligusmelaksanakanpenilaianterhadaphasilpendidikanuntukmengukurprestasisiswa.Prestasibelajarmemilikiposisipentingdalampendidikan, karenasebagaitolokukurkeberhasilan proses pembelajaran, sekaligussebagaibahanevaluasibagi guru. Permasalah yang diangkatdalamskripsiiniadakahpengaruhpendidikan agama dalamkeluargaterhadapprestasibelajarmatapelajaranPendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpendidikandalamkeluargaterhadapaprestasibelajarsiswadanberapabesarpengaruhtersebut. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankuantitatifuntukmenelitipadapopulasi sampletertentu. Objekpenelitianiniadalahpendidikan agama dalamkeluargasiswa SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Sample dalampenelitianiniadalah 45 unit keluargadarisiswakelas V dan VI Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanobservasi, angket, wawancaradandokumentasi.Sedangteknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi. Berdasarkanpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwaterdapatpengaruhpendidikan agama dalamkeluargaterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 PejogolKecamatanCilongokKabupatenBanyumas.Besarpengaruhtersebutdapatdilihatdarinilai r square yang diperoleh yaitu0.406 (40,6%) artinyapengaruhvariabel X (pendidikan agama dalamkeluarga) terhadapvariabel Y (prestasibelajarsiswa) adalahsebesar 40,6 %. Y=50,277+0,261X yang mengandungpengertianbahwa, jikatidakadakenaikannilaidarivariabelPendidikan Agama dalamkeluargaatau X=0, makanilaivariabelprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam adalah 50,277. Koefisienregresisebesar 0,261 menyatakanbahwasetiappenambahan (karenatanda +) satunilaipadavariabelPendidikanagama dalamkeluargaakanmemberikankenaikanpadavariabelprestasibelajarsebesar 0,261.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama dalamkeluarga, Prestasibelajarsiswa, SekolahDasar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:03
Last Modified: 12 Oct 2017 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item