RIZKA MAULIDA, PUTRI (2025) PERSEPSI KEMUDAHAN DAN MANFAAT PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA UMKM SEKTOR KULINER DI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.
|
Text
Rizka Maulida Putri_Persepsi Kemudahan Dan Manfaat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada UMKM Sektor Kuliner Di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam sistem pembayaran, salah satunya dengan hadirnya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai solusi pembayaran non-tunai yang praktis, cepat, dan efisien. QRIS memungkinkan pelaku UMKM menerima berbagai jenis pembayaran digital hanya dengan satu kode, sehingga sangat relevan digunakan dalam kegiatan usaha, termasuk di sektor kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi kemudahan dan persepsi manfaat penggunaan QRIS pada UMKM sektor kuliner di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan tujuannya, metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QRIS dipersepsikan mudah digunakan karena prosesnya yang sederhana, tidak membutuhkan keahlian teknis khusus, dan hanya memerlukan langkah singkat untuk menyelesaikan transaksi. Dari sisi manfaat, QRIS dirasakan membantu pelaku usaha dalam mempercepat transaksi, mengurangi kesalahan perhitungan, mempercepat layanan kepada konsumen, serta mempermudah pencatatan pemasukan secara digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan dan manfaat penggunaan QRIS memiliki kontribusi positif terhadap efisiensi dan produktivitas UMKM sektor kuliner. QRIS menjadi salah satu inovasi penting yang mendukung digitalisasi usaha kecil, terutama di wilayah pedesaan seperti Kecamatan Karangmoncol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QRIS, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Pembayaran Digital |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Rizka Maulida Putri |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |