IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BOARDING SCHOOL “PUTRA HARAPAN” PURWOKERTO

Dwi, Yuliyanti (2025) IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BOARDING SCHOOL “PUTRA HARAPAN” PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DWI YULIYANTI_IMPLEMENTASI METODE KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab dan respons siswa terhadap pembelajaran, serta lingkungan pendukung yang mempengaruhi keberhasilan metode ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode komunikatif telah diterapkan melalui berbagai aktivitas seperti percakapan berpasangan, permainan bahasa. Metode ini membantu siswa lebih aktif dalam proses belajar dan membangun rasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Arab. Adapun faktor pendukungnya meliputi dukungan dari pihak yayasan, kurikulum yang adaptif, serta tersedianya waktu tambahan di luar jam pelajaran. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain : Tidak ada RPP atau Modul Ajar Tertulis, fasilitas belajar yang terbatas, keterampilan menulis dan membaca belum mendapat perhatian yanng seimbang, jumlah siswa yang sedikit dalm satu kelas, dan waktu yang terbatas. Dengan demikian, metode komunikatif terbukti dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab, namun masih perlu penguatan dari berbagai aspek agar penerapannya lebih optimal. Kata Kunci: Metode Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab, Faktor Pendukung dan Penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab, Faktor Pendukung dan Penghambat.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dwi Yuliyanti
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:58
Last Modified: 03 Jul 2025 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31473

Actions (login required)

View Item View Item