PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN VARIASI PRODUK PADA THRIFT SHOP TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MAHASISWA DI PURWOKERTO

Kasmarani, Trijana Fika (2025) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN VARIASI PRODUK PADA THRIFT SHOP TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MAHASISWA DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KASMARANI TRIJANA FIKA_PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN VARIASI PRODUK PADA THRIFT SHOP TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING MAHASISWA DI PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku impulsive buying merupakan salah satu fenomena menarik dalam dunia pemasaran, terutama di kalangan mahasiswa yang menjadi segmen konsumen aktif saat ini. Salah satu bentuk aktivitas konsumsi yang banyak diminati mahasiswa adalah belanja di thrift shop atau toko barang bekas. Fenomena meningkatnya minat mahasiswa terhadap belanja barang bekas (thrift) mendorong pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Variasi Produk pada Thrift Shop terhadap Perilaku Impulsive Buying mahasiswa di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden mahasiswa di Purwokerto yang pernah melakukan pembelian di thrift shop. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial, masing-masing variabel x yakni Harga, Kualitas Produk, dan Variasi Produk pada Thrift Shop berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying. 2) Secara simultan, Harga, Kualitas Produk, dan variasi produk pada Thrift Shop berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Impulsive Buying sebesar 72,5% dan 27,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin menarik harga, semakin tinggi kualitas, dan semakin beragam produk yang ditawarkan, maka kecenderungan mahasiswa untuk melakukan Impulsive Buying di Thrift Shop akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Variasi Produk, Impulsive buying, Thrift shop, Mahasiswa.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: KASMARANI TRIJANA FIKA
Date Deposited: 04 Jul 2025 01:38
Last Modified: 04 Jul 2025 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31469

Actions (login required)

View Item View Item