PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI POS PAUD SOKA III A KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

RISMA, NUR AZIZAH (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI POS PAUD SOKA III A KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISMA NUR AZIZAH_PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI POS PAUD SOKA III A KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di POS PAUD SOKA III A Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Meningkatkan kinerja guru merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran anak usia dini, yang mencakup sikap kedewasaan, tanggung jawab, stabilitas emosi, empati, serta kemampuan berinteraksi secara positif dengan peserta didik dan lingkungan kerja. Dalam konteks ini, kepala sekolah memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin pembelajaran yang tidak hanya berperan dalam aspek administratif, tetapi juga sebagai fasilitator pengembangan kapasitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah dan guru POS PAUD SOKA III A. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya secara optimal dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah berperan sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, inovator, dan motivator. Melalui pendekatan yang partisipatif dan komunikatif, kepala sekolah mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif, memberikan pembinaan yang berkelanjutan, serta memotivasi guru untuk terus berkembang secara profesional. Dukungan tersebut memberikan dampak positif terhadap semangat kerja, tanggung jawab, dan kedewasaan emosional guru dalam menjalankan tugas. Dengan demikian, peran kepala sekolah terbukti memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di lembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, POS PAUD.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Risma Azizah
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:46
Last Modified: 03 Jul 2025 02:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31465

Actions (login required)

View Item View Item