ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI SYNCROMARKETING UNTUK MENDORONG KEBERLANJUTAN USAHA DI SEKTOR JASA PADA PURWOKERTO ADVENTURE RENTAL

Mufti, Zein (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI SYNCROMARKETING UNTUK MENDORONG KEBERLANJUTAN USAHA DI SEKTOR JASA PADA PURWOKERTO ADVENTURE RENTAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Puwokerto.

[img]
Preview
Text
Ekonomi Syariah-214110201221-Mufti Amin Zein.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi Syncromarketing ini diterapkan pada bisnis yang mengalami permintaan pada musim tertentu atau yang dipengaruhi oleh musim di suatu negara seperti musim hujan dan musim kemarau. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan strategi Syncromarketing untuk mendorong keberlanjutan usaha dalam mengetahui inovasi produk baru apa yang akan dibuat. Purwokerto Adventure Rental merupakan usaha pada sektor jasa yang menyediakan berbagai macam peralatan keperluan untuk mendaki gunung. Kegiatan mendaki gunung tidak lepas dengan aktivitas memperkirakan cuaca dan musim untuk menunjang aktivas pendakian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode ini melakukan pendekatan berupa pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi yang digunakan secara mendalam agar dapat memberikan informasi tentang strategi Syncromarketing sebagai upaya mengetahui penyebab permintaan tidak teratur pasar dan serta penerapan inovasi produk jasa baru Open Trip yang dibuat oleh Purwokerto Adventure Rental agar bisa mendorong keberlanjutan usaha. Hasil penelitian ini dapat mengetahui permintaan tidak teratur pasar yang disebabkan oleh perubahan musim dapat mengurangi permintaan konsumen pada Purwokerto Adventure Rental. Untuk dapat meningkatkan volume permintaan konsumen, Purwokerto Adventure Rental melakukan riset dan menerapkan strategi pemasaran melalui Syncromarketing berupa inovasi produk layanan jasa baru Open Trip yang dapat mendukung keberlanjutan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Syncromarketing
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mufti Zein
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:31
Last Modified: 03 Jul 2025 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31455

Actions (login required)

View Item View Item