Qurota Ayun, Sekar Khan (2025) EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI BP KELAS 2 SD NEGERI 1 GALUH KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
![]() |
Text
EFEKTIVITAS MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR KREATIF SISWA .pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengukur efetivitas metode mind mapping terhadap minat belajar kreatif pada mata pelajaran PAI BP siswa kelas 2 SD Negeri 1 Galuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan “kuasi eksperimental desain model one group pretes-postes“. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2 SD Negeri 1 Galuh dengan jumlah sampel 62 peserta didik, terdiri dari dua rombel yakni kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 2B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini lewat observasi, wawancara, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa pretes dan postes untuk mengukur efektifitas metode belajar terhadap minat belajar kreatif peserta didik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan terhadap hasil pretes dan postes pada penerapan metode mind mapping. Hasil analisis data uji statistik inferensial (non-parametrik) Wilcoxcon Signed Rank Tes diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,015<0,05 dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan terhadap minat belajar kreatif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dilengkapi dengan hasil uji N-Gain yang menunjukkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,4253 yang selaras dengan presentase perhitungan N-Gain juga menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar kreatif siswa sebesar 42,53% yang mana termasuk dalam kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Qurota Ayun Sekar Khan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |