PENGARUH STORE ATMOSPHERE, DISCOUNT, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOSERBA JADI BARU BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Siti, Umayah (2025) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, DISCOUNT, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOSERBA JADI BARU BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI UMAYAH_PENGARUH STORE ATMOSPHERE, DISCOUNT, AND SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOSERBA JADI BARU BUMIAYU KABUPATEN BREBES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Toserba Jadi Baru Bumiayu, Kabupaten Brebes, merupakan salah satu ritel lokal yang berupaya mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Hasil pra observasi menunjukkan bahwa pelanggan Toserba Jadi Baru memiliki kecenderungan berpindah ke toko ritel lain. Dari 30 responden yang disurvei, sebagian besar menyatakan bahwa diskon yang ditawarkan oleh toko ritel pesaing lebih menarik, sehingga memengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas mereka. Fenomena ini menjadi perhatian bagi manajemen dalam mempertahankan pelanggan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, discount, dan service quality terhadap loyalitas pelanggan di Toserba Jadi Baru Bumiayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan pelanggan Toserba Jadi Baru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan Discount berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung Store Atmosphere (5,771) dan Discount (3,099) yang lebih besar dari t-tabel (1,986), serta nilai signifikansi yang kurang dari 0,05. Sebaliknya, Service Quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa Toserba Jadi Baru perlu fokus pada peningkatan dan pengelolaan Store Atmosphere serta pemberian Discount yang menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi loyalitas pelanggan di Toserba Jadi Baru. Kata Kunci: Suasana Toko, Diskon, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Toserba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Suasana Toko, Diskon, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Toserba
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Umayah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:52
Last Modified: 02 Jul 2025 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31449

Actions (login required)

View Item View Item