Puput, Mutia Farda (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSSINES MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT PADA UMKM ECOPRINT (STUDI PADA UMKM ECOPRINT MBABAR GODHONG BAJONG, BUKATEJA, PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
PUPUT MUTIA FARDA_STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN BUSSINES MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT PADA UMKM ECOPRINT (STUDI PADA UMKM ECOPRINT MBABAR GODHONG BAJONG, BUKATEJA, PURBALINGGA).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
UMKM ecoprint merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kerajinan ramah lingkungan dengan memanfaatkan bahan alami sebagai pewarna utamanya. Dalam menghadapi persaingan dan dinamika pasar, diperlukan strategi pengembangan bisnis yang tepat agar UMKM Ecoprint Mbabar Godhong dapat bertahan dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis menggunakan Bussines Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung, wawancara dengan pemilik (owner) UMKM Ecoprint Mbabar Godhong, karyawan, dan melakukan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pemetaan 9 elemen BMC dan analisis SWOT, UMKM Ecoprint Mbabar Godhong dapat mengetahui posisi usahanya saat ini serta merumuskan strategi pengembangan berdasarkan BMC dengan memperluas Channels dengan cara memanfaatkan teknologi seperti penggunaan marketplace untuk memperluas pelanggan dan menjangkau pemasaran yang lebih luas, mempertahankan customer relationship dengan cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan memanfaatkan key resource, key activities dengan melakukan poduksi ecoprint dan key partnership terutama dengan berbagai mitra penting seperti penjahit, toko kain agar UMKM tersebut dapat berkembang secara berkelanjutan. Strategi pengembangan UMKM Ecoprint Mbabar Godhong menggunakan analisis SWOT yaitu dengan memperluas jaringan pemasaran secara konvensional maupun digital, mengikuti event dan expo agar masyarakat semakin mengenal UMKM Ecoprint Mbabar Godhong Bajong, mengadakan diskon atau vocher dan mempertahankan hubungan baik dengan mitra yang bekerja sama dengan UMKM tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, Ecoprint, BMC, SWOT |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Puput Mutia Farda |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |