IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDUAL OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKN 2 PURWOKERTO

Muhammad Whisnu, Fathulloh (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDUAL OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKN 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Whisnu Fathulloh_Implementasi Pendekatan Individual Oleh Guru Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMKN 2 Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar urgen di era sekarang karena dapat mendorong siswa supaya semangat dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu caranya yaitu melalui pendekatan individual. Tujuannya yaitu untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan karakteristik, gaya belajar, kebutuan dan hambatan peserta didik yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk menyesuaikan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMKN 2 Purwokerto. Subjek penelitian ini meliputi guru PAI dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data, dan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMKN 2 Purwokerto menerapkan pendekatan individual melalui bimbingan pribadi, membuka sharing section, serta personalisasi peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa perhatian dan hubungan pribadi antara pendidik dan siswa sangat penting dalam menumbuhkan motivasi intrinsik. Hal ini sejalan dengan teori motivasi Abraham Maslow, yang menyatakan bahwa kebutuhan rasa aman dan dihargai adalah salah satu syarat untuk mencapai aktualisasi diri, termasuk dalam belajar. Pendekatan ini memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa, terlihat dari meningkatnya partisipasi aktif, semangat dalam mengikuti pelajaran, dan kesadaran dalam memahami materi PAI. Selain itu, hubungan antara guru dan siswa menjadi lebih akrab, yang membangun suasana pembelajaran yang nyaman dan suportif. Dengan demikian, pendekatan individual terbukti baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kata kunci: Pendekatan Individual, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Individual, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI, PAI
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Whisnu Fathulloh
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:39
Last Modified: 02 Jul 2025 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31433

Actions (login required)

View Item View Item