Sukma, Dwi Wijayati (2025) PENGARUH PERSEPSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Sukma Dwi Wijayati_Pengaruh Persepsi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa memiliki persepsi negatif terhadap matematika yang menyebabkan siswa enggan dan tidak tertarik dengan proses pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 256 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Purwokerto. Sampel diambil dengan rumus slovin menghasilkan sampel sebesar 156 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket untuk mengukur persepsi matematis dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Dari nilai angket dan tes diperoleh nilai persepsi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori sedang. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh persepsi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu sebesar 4,2% sedangkan sisanya 95,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Persepsi Matematis. |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sukma Dwi Wijayati |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:41 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |