Peningkatan kemampuan siswa dalam Maharah Qira'ah melalui media kartu teks pembelajaran Bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Banjar

Alfiya, Nur Sayyida (2025) Peningkatan kemampuan siswa dalam Maharah Qira'ah melalui media kartu teks pembelajaran Bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Banjar. Skripsi thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
Alfiya Nur sayyida_ peningkatan kemampuan siswa dalam maharah qira'ah melalui media kartu teks pembelajaran bahasa Arab kelas x madrasah aliyah negeri kota banjar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya siswa dalam kemampuan maharah qira’ah pada siswa kelas X MAN Kota Banjar. Peneliti memilih pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media kartu teks untuk mengatasi kemampuan dalam maharah qira’ah siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media kartu teks terhadap kemampuan dalam maharah qira’ah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian kelas X dengan berjumlah 96 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan simple random sampling yang diperoleh bahwa kelas X3 sebagai kelas eksperimen 23 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, pretest dan post test, angket. Teknik analisis data menggunakan validitas dan reabilitas serta uji prasyarat yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dianalisis menggunakan uji t-independent. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Hasil Pengujian-T terhadap hipotesis menggunakan uji-test untuk dua variabel berpasangan, Pertama pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media kartu teks kelas X MAN Kota Banjar memiliki signifikan terbukti bahwa nilai Rata-rata atau mean kemampuan siswa dalam maharah qira’ah pada pre test kelas eksperimen yaitu 60,00, sedangkan pre test kelas kontrol yaitu 51,74. Sedangkan rata-rata kemampuan siswa dalam maharah qira’ah pada post test kelas eksperimen yaitu 80,43, sedangkan post test kelas kontrol yaitu 70,87. Hal tersebut menunjukan yang signifikan secara statistik sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan media kartu teks dengan pembelajaran secara konvensional. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu teks dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, media ini sangat direkomendasikan untuk diterapkan secara luas, tidak hanya pada pelajaran Bahasa Arab, tetapi juga pada mata pelajaran lain yang memerlukan pemahaman teks. Pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan akan membuka jalan bagi siswa untuk memahami pelajaran dengan lebih baik. Guru sebagai fasilitator harus mampu menghadirkan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa masa kini. Media kartu teks adalah salah satu contoh inovasi sederhana namun berdampak besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maharah qira'ah dan media kartu teks
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alfiya Nur Sayyida
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:33
Last Modified: 02 Jul 2025 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31406

Actions (login required)

View Item View Item