IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR'AN (LPQ) JAMI'UL AKBAR DESA KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Alfi, Nisa Khoerul (2025) IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR'AN (LPQ) JAMI'UL AKBAR DESA KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfi Nisa Khoerul_Implementasi Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Santri Di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) Jami'ul Akbar Desa Klapagading Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak menjadi acuan dalam membina generasi bangsa. Karena pendidikan akhlak sangat penting bagi santri untuk memiliki keterampilan dan kemampuan serta berakhlak luhur yang di dasarkan pada ketuhanan yang maha esa. Untuk mendukung pendidikan akhlak tersebut maka dibutuhkan pembelajaran yang menyenangkan bagi santri yaitu dengan metode pembelajaran fun learning supaya hal tersebut dapat lebih menekankan karakter akhlak yang baik bagi santri di Lembaga Pendidikan Al- Qur’an (LPQ) Jami'ul Akbar Desa Klapagading Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan metode fun learning dalam meningkatkan pendidikan akhlak santri di LPQ Jami'ul Akbar desa Klapagading Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yang fokus pada santri-santri di LPQ Jami'ul Akbar desa Klapagading Kabupaten Banyumas. Pengambilan data dengan menggunakan 3 cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang menyenangkan (fun learning) dapat diterapkan secara efektif melalui beberapa tahapan, yaitu menciptakan suasana yang nyaman, interaktif, kolaboratif, dan variatif. Penerapan metode fun learning terbukti mampu membentuk akhlak santri di LPQ Jami’ul Akbar, Desa Klapagading, Kabupaten Banyumas. Hal ini tercermin dalam perilaku dan tutur kata santri yang menunjukkan akhlak mulia, baik kepada guru, teman sebaya, maupun orang tua. Proses pembelajaran akhlak yang dilakukan oleh para guru lebih menekankan pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbakti kepada orang tua dan guru, serta saling menyayangi dan menghormati antar sesama. Dengan pendekatan yang menyenangkan, proses belajar menjadi lebih efektif karena santri merasa nyaman dan termotivasi. Selain itu, pendidikan akhlak juga diarahkan pada pembentukan sikap jujur dan disiplin dalam keseharian santri. Dengan demikian, metode fun learning terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akhlak di LPQ Jami’ul Akbar, melalui pendekatan yang menyenangkan dan bermakna. Kata Kunci: Fun learning, Pendidikan Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fun learning, Pendidikan Akhlak
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Nisa Khoerul
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:15
Last Modified: 01 Jul 2025 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31383

Actions (login required)

View Item View Item