PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

Galuh, Ismi Fauziah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Galuh Ismi Fauziah_Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto. Hal tersebut terjadi dikarenakan siswa yang cenderung kesulitan dalam menyelesaikan soal yang dianggap kompleks dan hanya mampu mengerjakan soal-soal yang mirip dengan contoh yang diberikan oleh guru. Akibatnya, siswa lebih banyak bergantung pada prosedur yang diajarkan tanpa memahami konsep secara menyeluruh. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain non equivalent control grup design dengan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran SAVI berbantuan Mind Mapping dan kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Sampel yang diambil dari populasi hanya dua kelas yakni VIII G yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII H yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, data dianalisis menggunakan uji-t terhadap posttest nya. Berdasarkan rata-rata nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen yakni 80,55 lebih dari kelas kontrol yakni 71,83, serta hasil uji-t yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan rata-rata nilai posttest dari kedua kelas tersebut. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purwokerto. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran SAVI, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran SAVI, Mind Mapping.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Galuh Ismi Fauziah
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:35
Last Modified: 01 Jul 2025 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item