Ana, Rakhmawati (2025) ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK IB MITRA EMAS BPRS BUANA MITRA PERWIRA PURBALINGGA UNTUK MENINGKATKAN INVESTASI JANGKA PANJANG PERSPEKTIF KEUANGAN SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI - ANA RAKHMAWATI - 1917202068.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK iB Mitra Emas adalah Produk pembiayaan dari BPRS Buana Mitra Perwira yang ditujukan untuk memudahkan masyarakat berinvestasi dalam logam mulia emas ANTAM. Produk ini menggunakan akad jual beli (murabahah). Biaya administrasi ringan dan bebas biaya penyimpanan, logam mulia bersertifikat ANTAM, Pembayaran sampai dengan 5 (lima) tahun. Uang muka 10% sampai 20%, jumlah pembiayaan tidak berubah selama masa perjanjian. Pada awalnya produk ini tidak banyak diminati, namun belakangan ini dari akhir tahun 2024 sampai sekarang produk semakin banyak diminati. Tujuan penelitian ini untuk menjawab bagaimana minat masyarakat terhadap produk iB Mitra Emas sebagai instrumen investasi jangka panjang di BPRS Buana Mitra Perwira dan bagaimana mekanisme penerapan investasi emas jangka panjang di BPRS Buana Mitra Perwira perspektif keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan lokasi gedung, wawancara langsung di dalam gedung, pelayanan di dalam gedung, dan promosi produk di dalam gedung BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga. Wawancara dengan nasabah iB Mitra Emas dan pegawai BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga. Dokumentasi berupa data-data yang relevan seperti dari struktur organisasi dan brosur produk iB Mitra Emas. Adapun data sekunder adalah data-data yang tidak secara langsung diperoleh di lapangan, seperti wawancara dengan masyarakat Purbalingga yang berminat terhadap investasi emas. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah teknik Miles and Huberman. Hasil dari penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa minat masyarakat terhadap produk iB Mitra Emas sekarang sudah cukup meningkat dibandingkan beberapa tahun lalu. Dengan berbagai keunggulan yang ada terdapat faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk iB Mitra Emas yaitu faktor menghindari risiko, faktor tujuan finansial, faktor pengetahuan, dan faktor lingkungan sosial dan budaya. Adapun dilihat dari perspektif keuangan syariah produk ini sesuai dengan prinsip bebas maghrib dalam perbankan syariah dan sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 77/DSN-MUI/V/2010.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : minat masyarakat, iB Mitra Emas, perspektif keuangan syariah |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ana Rakhmawati |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:12 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |